PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS:  IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DASAR INKLUSIF DI KOTA MALANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24832/jpkp.v18i1.1092

Keywords:

pengarusutamaan disabilitas, sekolah inklusif, pendidikan dasar, implementasi kebijakan, Kota Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek implementasi kebijakan pendidikan dasar inklusif bagi penyandang disabilitas di Kota Malang. Fokus kajian diarahkan pada tiga dimensi utama, yaitu ketersediaan sumber daya manusia, kecukupan infrastruktur, dan dukungan kebijakan operasional di tingkat sekolah. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kebijakan pendidikan inklusif yang telah dicanangkan sejak tahun 2012 di Kota Malang dijalankan dalam praktik, serta tantangan-tantangan yang muncul dalam upaya mewujudkan layanan pendidikan yang setara bagi anak penyandang disabilitas. Meskipun regulasi nasional melalui Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 dan Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2020 telah memberikan landasan hukum yang kuat, kenyataannya baru 95 dari 285 sekolah dasar di Kota Malang yang menyelenggarakan pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis data sekunder dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan masih menghadapi hambatan signifikan, terutama kurangnya guru pendamping khusus, keterbatasan pelatihan, serta infrastruktur yang belum ramah disabilitas. Diperlukan langkah-langkah strategis seperti peningkatan kapasitas guru, penguatan kebijakan di tingkat sekolah, dan perbaikan sarana untuk memastikan akses pendidikan yang inklusif dan berkeadilan.

References

Andriani, O., Saputra, D. A., Sulistyo, K. T., & Sari, L. N. (2023). Sarana dan prasarana (fasilitas) pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i1.1791

Anggraeni, A. S., & Hijrianti, U. R. (2023). Peran dukungan sosial dalam menghadapi fase quarter life crisis dewasa awal penyandang disabilitas fisik. Cognicia, 11(1), 15–23. https://doi.org/10.22219/ cognicia.v11i1.26176

Ari, Y. (2025). UPT layanan pendidikan ABK, gerbang mempersiapkan ABK raih masa depan. Pemerintah Kota Malang. https://malangkota.go.id/2025/05/02/upt-layanan-pendidikan-abk-gerbangmempersiapkan-abk-raih-masa-depan/

Arifin, Z. (2024). Masalah disabilitas di Kota Malang, minim infrastruktur pendukung sampai beda data. Liputan 6. https://www.liputan6.com/surabaya/read/5635978/masalah-disabilitas-di-kotamalang-minim-infrastruktur-pendukung-sampai-beda-data?page=2

Badan Pusat Statistik. (2024). Jumlah sekolah, murid, guru Sekolah Luar Biasa (SLB) menurut kecamatan di Kota Malang 2022-2023. BPS. https://malangkota.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTI2IzI=/ jumlah-sekolah-murid-guru-sekolah-luar-biasa-slb-negeri-menurut-kecamatan-di-kota-malang. html

Benson, S., Al-Natour, M., & Hussein Diaa, M. (2024). Parent input: Shaping inclusive education for students with disabilities. International Journal of Developmental Disabilities, 70(6), 1102–1111. https://doi.org/10.1080/20473869.2024.2381909

Chow, W. S. E., de Bruin, K., & Sharma, U. (2024). A scoping review of perceived support needs of teachers for implementing inclusive education. International Journal of Inclusive Education, 28(13), 3321–3340. https://doi.org/10.1080/13603116.2023.2244956

Dewi, R. K., Pramana, R. P., Sadaly, H., Dewi, R. K., Pramana, R. P., & Sadaly, H. (2020). Kendala mewujudkan pembangunan inklusif penyandang disabilitas. The SMERU Research Institute.

Ediyanto, E., Ramadhani, R. S., Fitrasari, B. D., Kenila, E., Sunandar, A., Hastuti, W. D., & Suhendri, S. (2023). The problems in the implementation of inclusive education in primary schools. Journal of ICSAR, 7(1), 1. https://doi.org/10.17977/um005v7i12023p1

Firdaus, I. A. (2022). Strategi pengembangan kota ramah disabilitas. Cipta Media Nusantara.

Fitriana, D. A. (2015). Implementasi pendidikan inklusif pada SDN Sumbersari 1 Kota Malang [Skripsi]. Universitas Negeri Malang.

Freeman, R., & Maybin, J. (2011). Documents, practices and policy. Evidence & Policy, 7(2), 155–170. https://doi.org/10.1332/174426411X579207

Grindle, M. S. (2017). Politics and policy implementation in the Third World. Princeton University Press.

Hartanto, M. F. B. (2024). Pengarusutamaan hak penyandang disabilitas melalui sistem perencanaan pembangunan terintegrasi di tingkat pusat dan daerah. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 8(1), 507–513.

Ibda, H., & Wijanarko, A. G. (2023). Pendidikan Inklusi berbasis GEDSI (Gender equality, disability and social inclusion). Mata Kata Inspirasi.

Ikmal, M., & Asiah, K. (2024). Pendidikan inklusif: Wujud akselerasi dan pemenuhan hak kelompok disabilitas di Kabupaten Sumenep. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 3(2), 313–324.

Iswanto, D. (2021). Realizing inclusive public services: “Lapo Bra” innovation in building a literacy culture for persons with disabilities in Malang. SALASIKA: Indonesian Journal of Gender, Women, Child, & Social Inclusion’s Studies, 4(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.36625/sj.v4i2.87

Kilinc, S. (2022). Mothers of children without disabilities’ conceptions of inclusive education: unveiling an exclusionary education system privileging normality and ableism. Disability & Society, 37(10), 1678-1702. https://doi.org/10.1080/09687599.2021.1888281

Lamichhane, K. (2013). Disability and barriers to education: Evidence from Nepal. Scandinavian Journal of Disability Research, 15(4), 311–324. https://doi.org/10.1080/15017419.2012.703969

Mendoza, M., & Heymann, J. (2024). Implementation of inclusive education: A systematic review of studies of inclusive education interventions in low- and lower-middle-income countries.

International Journal of Disability, Development and Education, 71(3), 299–316. https://doi.org/1

0.1080/1034912X.2022.2095359

Neolaka, I. A. (2019). Isu-isu kritis pendidikan: Utama dan tetap penting namun terabaikan. Prenada Media.

Novita, R. (2024). Evaluasi pendidikan dan pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Oranga, J., Njurai, E. W., Gisore, B., & Areba, G. N. (2024). Inclusive education: Transcending exclusionary practices in education. In Exploring Educational Equity at the Intersection of Policy and Practice (pp. 101-119). IGI Global Scientific Publishing. https://doi.org/10.4018/979-8-3693-1614-6.ch006

Pemerintah Kota Malang. (2012). Kota Malang, pelopor pendidikan inklusif. Malang City Government. https://malangkota.go.id/2012/12/06/kota-malang-pelopor-pendidikan-inklusif/

Pemerintah Kota Malang. (2023). Kelompok disabilitas berperan tentukan pembangunan Kota Malang. Malangkota.Go.Id. https://malangkota.go.id/2022/02/16/kelompok-disabilitas-berperantentukan-pembangunan-kota-malang/

Pemerintah Kota Malang. (2024a). Pengimbasan advokasi PMM inklusif dan Sekolah Penggerak. Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan. https://dikbud.malangkota.go.id/blog/pengimbasan-avokasi-pmminklusif-dan-sekolah-penggerak-1B8056

Pemerintah Kota Malang. (2024b). Petunjuk pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang TK, SD, dan SMP Tahun Ajaran 2024/2025 di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang. https://ppdbkotamalang.id/petunjuk-teknis/

Pemerintah Kota Malang. (2024c). Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Malang. https:// malangkota.go.id/download/perencanaan_pembangunan/rkpd_kota_malang/2023-Perwal-No17-Tahun-2023-Tentang-RKPD-2024.pdf

Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 30 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2023 tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Formal, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, dan Pendidikan Tinggi.

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas.

Poed, S. (2020). Social inclusion and equal access to high-quality, inclusive education (pp. 780–789).

https://doi.org/10.1007/978-3-319-95870-5_18

Pusat Data dan Informasi. (2024). Total peserta didik berkebutuhan khusus Provinsi Jawa Timur. Kemendikbudristek. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/berkebutuhan_khusus/total/ wilayah/050000/1

Putra, B. M. (2024a). 95 SD Kota Malang tampung siswa inklusi. Radar Malang. https://radarmalang. jawapos.com/pendidikan/814883558/95-sd-kota-malang-tampung-siswa-inklusi

Putra, B. M. (2024b). 190 SD di Kota Malang belum mampu terima siswa inklusi. Radar Malang. https:// radarmalang.jawapos.com/pendidikan/814888760/190-sd-di-kota-malang-belum-mamputerima-siswa-inklusi

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Rachmadtullah, R., Sesrita, A., Laeli, S., Muhdiyati, I., & Firmansyah, W. (2022). Teacher perceptions of university mentoring programs planning for inclusive elementary schools: A case study in Indonesia. International Journal of Special Education (IJSE), 36(2). https:// doi.org/10.52291/ijse.2021.36.18

Rifqi, N. (2025). Implementasi kebijakan akomodasi peserta didik berkebutuhan khusus pada sekolah inklusi di Kota Malang [Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http:// etheses.uin-malang.ac.id/72934/2/220106210038.pdf

Rizti, F. (2024). Provinsi dengan jumlah siswa SLB terbanyak di Pulau Jawa. GoodStats. https://data.

goodstats.id/statistic/jawa-barat-jadi-provinsi-dengan-jumlah-siswa-slb-terbanyak-di-pulaujawa-7jmcw

Romadhon, M., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kebijakan pendidikan inklusi sebuah solusi di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1). https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3085

Salim, I., & Yulianto, M. J. (2021). Memantau pemenuhan hak-hak disabilitas. Staf Ahli Menteri Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas.

Sharma, J., & Trory, H. (2019). Parents’ attitudes to inclusive education: A study conducted in early years settings in inclusive mainstream schools in Bangkok, Thailand. International Journal of Special Education, 33(4), 877-893.

Sholikhati, N. I., Prayogo, M. M., & Santoso, J. (2021). The effect of distance learning on learning outcomes of children with special needs in inclusive schools in the new normal. Indonesian Journal of Disability Studies, 8(1), 145–154.

Singh, A. (2023). Barriers to education for individuals with disabilities in Nepal: Exploring challenges and assessing inclusive education strategies. Clinic, 2, 5MR445.

Singha, S., Singha, R., Ruben, V. M., Jose, S., Mize, E., & Haokip, A. D. (2024). Navigating the landscape of inclusive education: Bridging the policy-practice divide. In Exploring Educational Equity at the Intersection of Policy and Practice (pp. 176-194). IGI Global Scientific Publishing. https://doi. org/10.4018/979-8-3693-1614-6.ch010

Somad, A., Haryanto, S., & Darsinah, D. (2024). Inclusive education for special needs students in Indonesia: A review of policies, practices and challenges. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan

Supervisi Pendidikan), 9(2), 1024–1035. https://doi.org/10.31851/jmksp.v9i2.16192

Syaifudin, M. (2021). Implementasi pendidikan inklusif di madrasah ibtidaiyah di Jawa Timur. ELBANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 11(2), 184–200. https://doi.org/10.54180/ elbanat.2021.11.2.184-200

Undang-Undang Dasar 1945, Republik Indonesia.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Virgiana, M. K. B., Azizah, I. N., Aula, S. T., Masfia, I., & Fahmy, Z. (2024). Dukungan keluarga sebagai faktor penentu prestasi akademik anak disabilitas netra. Observasi: Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(2), 112–138. https://doi.org/10.61132/observasi.v2i3.415

Walton, E. (2025). Why inclusive education falters: A Bernsteinian analysis. International Journal of Inclusive Education, 29(4), 570–584. https://doi.org/10.1080/13603116.2023.2241045

Wray, E., Sharma, U., & Subban, P. (2022). Factors influencing teacher self-efficacy for inclusive education: A systematic literature review. Teaching and Teacher Education, 117, 103800. https:// doi.org/10.1016/j.tate.2022.103800

Yusadiredja, I. N. (2021). Evaluasi pengarusutamaan kesetaraan gender, disabilitas, dan inklusi sosial pada riset universitas melalui hibah penelitian Kementerian Riset, Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional 2017 – 2020. https://www.ksi-indonesia.org/assets/uploads/original/2022/06/ ksi-1655869686.pdf

Downloads

Published

2025-11-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

Iswanto, D. (2025). PENGARUSUTAMAAN PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS:  IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DASAR INKLUSIF DI KOTA MALANG. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 18(1). https://doi.org/10.24832/jpkp.v18i1.1092