EDITORIAL DAN DAFTAR ISI JPKP, VOL. 18, NO. 1 TAHUN 2025

Authors

  • JPKP Kemendikdasmen

DOI:

https://doi.org/10.24832/jpkp.v18i1.1360

Abstract

Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan (JPKP) Volume 18 No. 1 Tahun 2025 sedianya terbit pada Agustus 2025, tapi mengalami keterlambatan dan baru dapat terbit pada November 2025 ini. Selain kendala teknis akibat pembaruan sistem open journal system (OJS) yang memerlukan sejumlah penyesuaian agar lebih ramah pengguna, proses kurasi artikel juga menjadi tantangan tersendiri. Seiring meningkatnya peringkat akreditasi jurnal, jumlah naskah yang masuk juga meningkat signifikan. Hal ini memerlukan proses seleksi, reviu, serta penyuntingan yang lebih cermat agar publikasi yang dihadirkan tetap memenuhi standar kualitas, baik dari sisi substansi maupun teknis penulisan. Selain itu, sejak Volume 17 No. 2, 2024, JPKP melakukan perubahan templat artikel dari dua kolom menjadi satu kolom untuk menyesuaikan dengan perkembangan terkini penerbitan ilmiah dan kemudahan penataan serta keterbacaan. Perubahan lainnya juga terjadi pada cover depan jurnal. JPKP Volume 18 No. 1 Tahun 2025 menyajikan 6 (enam) artikel dengan topik yang beragam. Enam topik tersebut 3 topik ditulis dalam Bahasa Indonesia dan 3 lainnya ditulis dalam Bahasa inggris yaitu: 1) “Pembelajaran Mendalam: Transformasi Pembelajaran Menuju Pendidikan Bermutu”; 2) “Deep Learning as a Pathway to Pedagogical Transformation in Indonesia”; 3) “Pengarusutamaan Pendidikan bagi Penyandang Disabilitas: Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar Inklusif di Kota Malang”; 4) “Empowering Young Learners: Fostering Ownership and Contribution in Early Childhood Project-Based Learning”; 5) “Cultural Adaptation in Character Education: Sundanese Literature-Based Comics in the Jabar Masagi Program”;  dan 6) “Optimalisasi Peran Komunitas Belajar Guru dengan Menggunakan Alur B-A-G-J-A”.

Downloads

Published

2025-11-04

Issue

Section

Preface

How to Cite

JPKP. (2025). EDITORIAL DAN DAFTAR ISI JPKP, VOL. 18, NO. 1 TAHUN 2025. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 18(1). https://doi.org/10.24832/jpkp.v18i1.1360