STRATEGI PENGENDALIAN MUTU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
DOI:
https://doi.org/10.24832/jpkp.v12i2.292Keywords:
Pengendalian, Mutu, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mekanisme sekaligus strategi pengendalian mutu penyelenggaraan PAUD yang dilakukan di Kabupaten Sleman untuk dapat dijadikan rujukan bagi daerah lain dalam penyelenggaraan PAUD khususnya dalam mengendalikan mutu lembaga untuk melayani pendidikan bagi anak usia dini. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, Focus Group Discussion (FGD), penyebaran angket, dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian mutu dilaksanakan dengan jumlah SDM yang terbatas, dengan rasio penilik/ pengawas: lembaga sejumlah 1:70/33 dengan demikian pengendalian mutu dilaksanakan dengan melibatkan oragnisasi mitra dan kunjungan ke lembaga diprioritaskan untuk lembaga yang akan dilakukan akreditasi dengan melihat kesiapan berkas administrasi tanpa ada visitasi pembelajaran. Ketidaksesuaian kualifikasi dan kompetensi pengawas TK dan penilik PAUD merupakan kendala lainnya, proses rekrutmen terutama penilik tidak memiliki kualifikasi yang relevan dengan PAUD, selain itu pendidikan dan pelatihan belum diikuti oleh semua pengawas TK dan penilik PAUD. Pengendalian mutu dilakukan tidak melalui koordinasi yang baik antara bidang PAUD Dikmas dengan pengawas TK dan penilik PAUD karena tanggungjawab terhadap tugas kepengawasan tidak diberikan kepada bidang PAUD DikmasReferences
Analytical and Capacity Development Partnership/ACDP, 2015. Lapaoran Studi Pendahuluan: Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Anak Usia Dini. Jakarta: Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership/ACDP.
Analytical and Capacity Development Parnership (ACDP), 2017. Mengembangkan strategi pendidikan pra-sekolah yang berkualitas untuk semua dan pendidikan keluarga untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Analytical and Capacity Development Parnership, Juni 2017.
Analytical and Capacity Development Parnership (ACDP), 2017. Pengembangan system penjaminan mutu pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Analytical and Capacity Development Parnership, Juni 2017.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Kerangka Besar Pembangunan PAUD di Indonesia Periode 2011-2025. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Fasina, F. Fagbeminiyi, 2011. The Role of Parents in Early Childhood Education: A Case Study of Ikeja, Lagos State, Nigeria. Global Journal of Human Social Science, 11 (2) page 42-51.
Mulyatno, CB, 2008. Pendidikan Damai Bagi Anak-anak Usia Dini: Belajar Dari Pedagogi Maria Montesori. Jurnal Widya Dharma, 19 (1), hlm. 63-76.
Ndari, Susianti Selaras, 2018. Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Peraturan Bupati Kuninan Nomor 69 Tahun 2016 tentang Pembentukan, Tugas, dan Fungsi Unit Pelaksana Teknis pada Dinas dan Badan (UPTD/UPTB) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.
https://www.kuningankab.go.id/sites/default/files/produk-hukum/69%20TAHUN%202016%20PEMBENTUKAN%20UPT%207%20TUPOKSI.pdf diunduh 5 November 2018.
Purwanto, Ngalim, 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Efektivitas Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini. di Kabupaten Sukabumi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Kebudayaan, 2016. Model Pendidikan Anak Usia Dini Satu Tahun Sebelum Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Kebudayaan.
Susanto, Ahmad, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Suyadi, 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Wijasa, Cundata Insan, 2010. Pengawasan dan Kontrol Dalam Manajemen Pendidikan dalam Makalah Analisis Kebijakan dan Pengambilan Keputusan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.
https://attawijasa20.wordpress.com/2011/05/06/pengawasan-dan-kontrol-dalam-manajemen-pendidikan/ diunduh 5 November 2018.
Yulaelawati, Ella, 2016. Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2016. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.
http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php, [06-11-2018]
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
All articles submitted by the author and published in the Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan are fully copyrighted by the publication of Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) by technically filling out the copyright transfer agreement and sending it to the publisher
Note :
The author can include in separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich versions of journal publications (for example: posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example: in an institutional repository or on their website) before and during the submission process because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful citations of published works. (See Open Access Effects).















