IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PERKULIAHAN BERBASIS PRAKTIK
DOI:
https://doi.org/10.24832/jpkp.v16i1.783Keywords:
pembelajaran, kontekstual, luaran pembelajaran, kuliah berbasis praktik, program Praktisi MengajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil pembelajaran dan kepuasan terhadap proses pembelajaran sebagai hasil dari penerapan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning—CTL) melalui praktik dan kerja sama dengan praktisi. Studi kasus dilakukan pada mata kuliah Pembuatan Pola dan Pemotongan Kain di Program Studi Rekayasa Tekstil, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dan penelitian kuantitatif dengan survei, yang melibatkan 23 mahasiswa serta kolaborasi dengan satu praktisi utama dan dua asisten. Ditemukan bahwa dengan menggunakan CTL, hasil belajar meningkat dari siklus satu ke siklus dua periode pembelajaran. Para mahasiswa juga memberikan umpan balik bahwa pemahaman dan keterampilan praktis mereka meningkat setelah belajar dan berlatih selama dua siklus tersebut. Mereka juga menyatakan puas dengan proses pembelajaran, yang memadukan pembelajaran kontekstual dan kehadiran praktisi selama seluruh proses perkuliahan. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perguruan tinggi di Indonesia khususnya program studi yang berbasis praktik untuk menerapkan program Praktisi Mengajar secara periodik dengan mengaplikasikan pembelajaran kontekstual.
References
Afriani, A. (2018). Pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 80–88. Amaliah, R., Nurdin, M. R. T. J. P., & Ainulia, A. D. R. (2018). Hasil belajar praktikum anatomi dan fisiologi manusia melalui pembelajaran kontekstual pada mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP pembangunan Indonesia. Dinamika, 9(2), 13–20.
Amuntu, S., Rede, A., & Pasaribu, M. (2016). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui contextual teaching and learning pada tema lingkungan di kelas II SDN 2 Talise. Mitra Sains, 4(3), 28–34.
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272.
Chrisnasari, R., Prilianti, K. R., & Daniel, X. (2016). Inovasi pembelajaran dengan metode pembelajaran kontekstual pada mata kuliah teknik analisa DNA. In Seminar Nasional Biologi Unesa 2016. Surabaya.
Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of learning module with setting contextual teaching and learning to increase the understanding of concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26.
Hwang, G.-J., Chiu, L.-Y., & Chen, C.-H. (2015). A contextual game-based learning approach to improving students’ inquiry-based learning performance in social studies courses. Computers & Educat ion, 81, 13–25.
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2023). Tentang Praktisi Mengajar. Retrieved 9 January 2023, from https:// praktisimengajar.id/
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2007). Communicative action and the public sphere. The Sage Handbook of Qualitative Research, 3, 559–603.
Lotulung, C. F., Ibrahim, N., & Tumurang, H. (2018). Effectiveness of learning method contextual teaching learning (CTL) for increasing learning outcomes of entrepreneurship education. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(3), 37–46.
Mangesa, R. T. (2016). Implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran praktik instalasi listrik. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(1), 110–120.
Maryati, I. (2017). Peningkatan kemampuan penalaran statistis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129–140. Musyaffi, A. M., Gurendrawati, E., Purwohedi, U., Zakaria, A., Anwar, C., Widawati, Y., & Nugroho, A. S. (2022). Pengembangan literasi keuangan digital melalui program praktisi mengajar. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02).
Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran berkonteks socio-scientific issues berbantuan media weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8–14.
Safaruddin, J., Nurhayati, R., & Aulia, N. T. (2020). Konsep dasar media pembelajaran. IEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1).
Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.
Sasmita, Z. A. G., Widodo, W., & Indana, S. (2021). Contextual based learning media development to train creative thinking skill in primary school. IJORER: International Journal of Recent Educat ional Research, 2(4), 468–476.
Sofino, S., & Pradikto, B. (2022). Penerapan blended learning menggunakan media Youtube podcast dengan melibatkan birokrat dan praktisi pendidikan nonformal dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan nonformal. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 503–512.
Susilo, A. (2020). Kajian kurikulum dan pembelajaran kewirausahaan di pendidikan t inggi studi multisitus. (Disertasi, Universitas Negeri Malang).
Ulfa, V. S., Kharisma, H. D., & Sari, D. A. (2020). Optimasi akademisi dan mata kuliah teknik kimia melalui peran prakt isi industri. In Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syeck Yusuf (pp. 1379–1383).
Winarti, W. (2016). Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(1), 1–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
All articles submitted by the author and published in the Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan are fully copyrighted by the publication of Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) by technically filling out the copyright transfer agreement and sending it to the publisher
Note :
The author can include in separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich versions of journal publications (for example: posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example: in an institutional repository or on their website) before and during the submission process because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful citations of published works. (See Open Access Effects).















