ASESMEN DIAGNOSTIK MATEMATIKA: MENDESAIN PEMBELAJARAN EFEKTIF BERDASARKAN KESIAPAN BELAJAR SISWA SMK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i2.900

Keywords:

asesmen diagnostik, kesiapan belajar, lingkaran, Matematika, desain pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesiapan siswa belajar Matematika pada materi lingkaran. Eksplorasi dilakukan dengan melakukan analisis hasil tes diagnostik kognitif dan nonkognitif, serta memberikan rekomendasi desain pembelajaran yang mampu menunjang pembelajaran lingkaran. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) untuk melihat kesiapan siswa dalam memahami materi lingkaran. Sampel penelitian adalah 34 siswa kelas XII di salah satu SMK negeri di Kota Pekalongan pada tahun ajaran 2023/2024. Hasil tes diagnostik kognitif menunjukkan siswa dalam kategori “cukup baik” dengan rata-rata tingkat kesiapan 48,62%, yang dijabarkan sebagai berikut: (1) 60,3% siswa memahami definisi lingkaran, (2) 54,9% siswa mampu menggambar lingkaran, (3) 44,1% siswa mampu menganalisis garis singgung dengan baik, (4) 54,4% siswa mampu memahami busur, juring, serta temberang lingkaran, dan (5) 29,4% siswa mampu menerapkan konsep lingkaran dalam pemecahan masalah. Hasil tes diagnostik nonkognitif berupa angket terhadap aspirasi siswa menunjukkan bahwa siswa menganggap pelajaran Matematika materi lingkaran sulit dipahami. Dengan demikian, diperlukan perbaikan kualitas pembelajaran melalui peningkatan minat dan motivasi, ice breaking, tutor sebaya, dan pembelajaran berbasis teknologi. Kebutuhan ini menjadi dasar perancangan aktivitas pembelajaran yang mendukung proses pemahaman materi. Rekomendasi desain pembelajaran yang dapat dilakukan guru untuk menunjang pembelajaran lingkaran berupa aktivitas pembelajaran dan model pembelajaran discovery learning.

References

Adna, S. F., & Nasution, N. B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Whiteboard Animation pada Guru-Guru MGMP Matematika SMP Kota Pekalongan. Jurnal Berdaya Mandiri, 3(1), 436–445. https://doi.org/10.31316/jbm.v3i1.981

Antika, W., Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2023). Analisis Asesmen Diagnostik Pada Model Pembelajaran Project Based Learning di Kurikulum Merdeka SMPN 3 Sine. Pedagogy, 8(1), 253.

Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471

Haryanto, H., & Siregar, N. N. (2022). Proses Berpikir Siswa Kreatif dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran Kelas IX Berdasarkan Polya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13772–13790. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4503

Hikmasari, P., Kartono, K., & Mariani, S. (2018). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik dan Pengajaran Remedial pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 400–408. https://journal. unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19610

Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283–290. https://doi. org/10.56248/educativo.v1i1.39

Juniarti, Y., & Gustiana, E. (2019). Pengembangan Sumber Belajar Bermain Berbasis Mobile Learning.

Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.289

Laulita, U., Marzoan, & Rahayu, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Asesmen Diagnostik Pada Kurikulum Merdeka. JPIn: Jurnal Pendidik IndonesiaJurnal Pendidik Indonesia, 5(2), 63–69.

Mukhibin, A., & Nafidhoh, B. (2023). Hambatan Guru Matematika dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka: Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 127–137. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i2.7152

Rahayu, D., Muttaqien, M., & Solikha, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Educandy terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi, 1(2), 234–246. https://doi. org/10.60132/edu.v1i2.149

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Riastuti, N., Adamura, F., & Lusiana, R. (2016). Analisis Kecerdasan Spasial Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP. November, 362–372.

Shidiq, S., & Ardiansyah, A. S. (2023). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran berdiferensiasi berbasis asesmen diagnostik pada model problem based learning. Seminar Nasional Sosial Sains, 2(1), 922. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Siagian, H. S., Ritonga, T., & Lubis, R. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Daring Siswa Kelas Vii Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Simpang Tiga Laebingke Kecamatan Sirandorung. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 194–201. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2530

Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Isyowo, S., Hartini, Y., Primadonna, M., & Mahardhika, R. L. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24921

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanto, D., Sihombing, S. K., Radjawane, M. M., Candra, Y., & Sinambela, D. (2021). Buku Matematika Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Wardani, E. P., Fantaye, A. K., Ade, J. A., & Kikonko, M. (2023). Analysis of Student’s Misconceptions in The Subject Material Circle in View of Learning Readiness and Student’s Think Style. Interval: Indonesian Journal of Mathematical Education, 1(1), 30–35. https://doi.org/10.37251/ijome. v1i1.612

Widyawati, A., Septi Nur Afifah, D., Resbiantoro, G., Kunci, K., Kesalahan, A., Masalah, M., & Solo, T. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Berdasarkan Taksonomi Solo Pada Kelas VIII Analysis Of Student Error in Solving Circle Problem Based On Solo Taxonomy In Class VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1, 1–9.http://journal.uny.ac.id/index.php/ jpms

Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 2056– 2063. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197

Yusron, E., & Sudiyatno, S. (2021). How is the impact of Assessment for Learning (AfL) on mathematics learning in elementary schools? Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.21831/jpe. v9i1.34865.

Downloads

Published

2025-07-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Febrianti, T. S., & Nisa, R. (2025). ASESMEN DIAGNOSTIK MATEMATIKA: MENDESAIN PEMBELAJARAN EFEKTIF BERDASARKAN KESIAPAN BELAJAR SISWA SMK. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 17(2). https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i2.900