PERAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM PENERAPAN DISIPLIN POSITIF: TINJAUAN TEORETIS DAN PRAKTIS
DOI:
https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i2.933Keywords:
disiplin positif, peran komunikasi, komunikasi antarpribadi, Kurikulum Merdeka, restitusi, nilai-nilai universalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap latar belakang teoretis kebijakan disiplin positif dan mengidentifikasi keterampilan komunikasi antarpribadi yang dibutuhkan berdasarkan kajian praktik baik terkait penerapan disiplin positif. Penelitian ini dibutuhkan karena penerapan disiplin positif sebagai bagian dari kebijakan Kurikulum Merdeka bukannya tanpa tantangan, serta masih terdapat persepsi bahwa hukuman dan konsekuensi efektif dalam menegakkan disiplin. Pemahaman dan keterampilan komunikasi antarpribadi dibutuhkan untuk menjembatani kesenjangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode telaah pustaka sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi antarpribadi memudahkan guru dan siswa dalam memahami kebutuhan dan menerima nilai-nilai universal. Komunikasi antarpribadi menunjang dua proses utama disiplin positif, yaitu menentukan keyakinan kelas dan melakukan restitusi. Keterampilan komunikasi antarpribadi yang dibutuhkan dalam penerapan disiplin positif meliputi pelibatan siswa, penerimaan terhadap sikap dan perspektif siswa, serta fokus pada solusi dan memberikan penguatan positif. Penelitian ini memberikan rekomendasi kebijakan pengelolaan perilaku siswa melalui restitusi dan kebijakan pengembangan modul pelatihan guru dalam penerapan disiplin positif.
References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi. org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Aji, I. P., & Tamba, K. P. (2020). Penerapan disiplin positif dalam pembelajaran ditinjau melalui perspektif Kristen [Positive discipline in learning reviewed through a Christian perspective]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 216-234. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2101
Chodariyah, D. E. N., Cahyani, B. H., Cahyo, B. H., Khosiyono, B. H. C., & Nisa, A. F. (2024). Analisis penerapan karakter disiplin positif siswa kelas 1 sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4637-4651. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12098
Ekawati, Y., Akmaluddin, Sari, M., & Manurung, F. (2023). The triangle concept of restitution as a basis for developing a positive culture in elementary schools. Dalam International Conference on Education, Science, Technology and Health (ICONESTH) (hal. 763-773). https://doi.org/10.46244/ iconesth.vi.162
Febriandari, E. I. (2017, November). Penerapan metode disiplin positif sebagai bentuk pembinaan pendidikan karakter disiplin anak SD. Dalam Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, (Vol. 1, hal. 152–169).
Gunartati, G., & Kurniawan, D. (2021). Implementasi disiplin positif anak usia dini oleh pendidik KB Bintang Mulia Krekah Gilangharjo Pandak Bantul. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 34–43. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3060
Hidayat, N., Danarti, & Darwati, S. (2016). Disiplin positif; membentuk karakter tanpa hukuman. Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) Ke-1. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7840
Hofifah, H. (2023). Implementasi segitiga restitusi dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik. Ambarsa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 110-123. https://doi.org/10.59106/abs.v3i2.146
Mulyani, R., Sumantri, E., & Budimansyah, D. (2020). Penerapan disiplin positif dalam mewujudkan pendidikan antikekerasan di sekolah ramah anak. Jurnal Civicus, 20(1), 40-50. https://doi.
org/10.17509/civicus.v20i1.16353
Mustofa, H., & Nisa, A. F. (2023, Agustus). Menumbuhkan kesadaran diri melalui keyakinan kelas. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (Vol. 1, No. 1, pp. 493-504).
Nelsen, J., Lott, L., & Glenn, H. S. (2013). Positive discipline in the classroom: Developing mutual respect, cooperation, and responsibility in your classroom (Revised 4th ed.). Three Rivers Press.
Nofitri, F., Desyandri, D., & Irdamurni, I. (2023). Application of the restitution triangle in instruding positive discipline for students. International Journal of Educational Dynamics, 5(2), 189-193. https://doi.org/10.24036/ijeds.v5i2.418
Nurcahyani, A., Rajasa, D. S., & Wijayanti, M. A. (2022). Budaya positif (Bahan ajar pendidikan program guru penggerak). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Nurishlah, L., Subiyono, S., & Hasanah, I. (2022). Implementasi Disiplin Positif diSD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 643-655. https://doi.org/10.5281/zenodo.10806745
Purba, A. T. (2024). Pengaruh Penerapan Segitiga Restitusi Dan Hospitalitas Guru Penggerak Terhadap Disiplin Diri Siswa SMA Negeri 3 Tarutung. Jurnal Euangelion, 4(2), 71-81.
Putikadyanto, A. P. A., Amin, M. B., & Wachidah, L. R. (2024). Mewujudkan Sekolah Ramah Anak: Implementasi Disiplin Positif dalam Kurikulum Merdeka. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 106-116.
Rais, M., Aryani, F., & Yusri, Y. (2022). Pelatihan Disiplin Positif Bagi Guru-Guru SMP Negeri 3 Kabupaten Bantaeng: Suatu Upaya Mereduksi Perilaku Misbehave Siswa. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.26858/pengabdi.v3i1.33472
Saputra, A. S. (2023). Menumbuhkan disiplin diri melalui disiplin positif restitusi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5666–5682. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1367
Souisa, J. H., Purwaningratri, M. A., Subagyo, S., Utami, S., & Alhuda, B. (2022). Disiplin positif untuk merdeka belajar: Strategi penerapan pada jenjang SMA. Direktorat Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Souisa, J.H., Purwaningratri, M. A., Subagyo, Utami, S. & Alhuda, B. (2022). Disiplin positif untuk Merdeka Belajar: Strategi penerapan pada jenjang SMA. Direktorat Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sulvinajayanti, S., Saleh, A. A., & Hamang, M. N. (2021). Pengasuhan disiplin positif islami sebagai upaya penurunan kekerasan terhadap anak di Kabupaten Sidrap. Jurnal Penelitian, 15(1), 77-110. https://doi.org/10.21043/jp.v15i1.10241
Suryatama, H., Saputra, S. A., Siswanto, D. H., & Alghiffari, E. K. (2024). Penerapan Konsep Segitiga Restitusi untuk Mengembangkan Budaya Positif di Sekolah Dasar. MURABBI, 3(2), 71–79. https:// doi.org/10.69630/jm.v3i2.40
Syahroni, S. (2021). Disiplin positif sebagai sarana pembinaan karakter menuju sekolah ramah anak di SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah. Jurnal Aghniya, 4(1).
Usman, M. R., Husniati, A., Sukmawati, S., Satriani, S., Kristiawati, K., & Fatmawati, F. (2024). Lokakarya Disiplin Positif pada Program Sekolah Penggerak di Kabupaten Sinjai. Mosaic, 1(3), 102–108.
https://doi.org/10.61220/mosaic.v1i3.514
Yasa, I. M. S. (2024). Menguatkan Disiplin Positif Pada Peserta Didik dengan Prinsip Segitiga Restitusi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 1, pp. 109-116).
Yokoyama, Y., Nadeak, B., & Sihotang, H. (2023). Implementasi kompetensi guru penggerak dalam menerapkan merdeka belajar SMK di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 187-200. https://doi.org/10.51212/jdp.v16i2.176
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
All articles submitted by the author and published in the Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan are fully copyrighted by the publication of Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) by technically filling out the copyright transfer agreement and sending it to the publisher
Note :
The author can include in separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich versions of journal publications (for example: posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example: in an institutional repository or on their website) before and during the submission process because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful citations of published works. (See Open Access Effects).















