PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP INTEGRASI KURIKULUM BISNIS TEKSTIL HALAL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i2.985

Keywords:

persepsi mahasiswa, tekstil halal, pembelajaran berbasis projek, kompetensi kewirausahaan, EntreComp

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap integrasi kurikulum bisnis tekstil halal dalam pembelajaran berbasis projek (PjBL), yang diterapkan pada Program Studi Rekayasa Tekstil di Universitas Islam Indonesia. Pandemi COVID-19 memicu perubahan signifikan dalam pendidikan kewirausahaan, mengharuskan peralihan cepat dari instruksi tatap muka ke format online (daring) sepenuhnya. Dalam konteks ini, PjBL muncul sebagai metode yang efektif untuk mendorong keterlibatan aktif dan meningkatkan minat kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran kuantitatif dan kualitatif dengan metode survei dan wawancara mendalam untuk mengumpulkan data persepsi mahasiswa terkait penerapan PjBL. Analisis deskriptif dilakukan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa terhadap aspek- aspek kompetensi kewirausahaan berdasarkan kerangka EntreComp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memberikan respons positif terhadap penerapan PjBL, khususnya terkait peningkatan kreativitas, kesadaran diri, dan efikasi diri. Meskipun demikian, beberapa tantangan, seperti literasi keuangan dan kerja sama tim juga teridentifikasi dari persepsi mahasiswa yang menunjukkan ruang untuk perbaikan dalam penerapan PjBL di masa mendatang.

References

AK Tekstil Surakarta. (2024). AK-Tekstil Surakarta memfasilitasi IKATSI pada penyelenggaraan Textile Discussion Club III tentang sertifikasi halal tekstil dan produk tekstil. https://ak-tekstilsolo.ac.id/2024/11/ak-tekstil-surakarta-memfasilitasi-ikatsi-pada-penyelenggaraan-textile-discussion-club-iii-tentang-sertifikasi-halal-tekstil-dan-produk-tekstil/

Assaf, D. (2018). Motivating language learners during times of crisis through project-based learning: Filming activities at the Arab International University (AIU). Theory and Practice in LanguageStudies, 8(12), 1649–1657.

Astiana, M., Malinda, M., Nurbasari, A., & Margaretha, M. (2022). Entrepreneurship education increasesentrepreneurial intention among undergraduate students. European Journal of EducationalResearch, 11(2), 995–1008.

Bacigalupo, M., Kampylis, P., Punie, Y., & Van den Brande, G. (2016). EntreComp: The entrepreneurshipcompetence framework. Luxembourg: Publication Office of the European Union, 10, 593884.

Barak, M., & Yuan, S. (2021). A cultural perspective to project-based learning and the cultivation of innovative thinking. Thinking Skills and Creativity, 39, 100766.

Brundiers, K., & Wiek, A. (2013). Do we teach what we preach? An international comparison of problem-and project-based learning courses in sustainability. Sustainability, 5(4), 1725–1746.

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani, M. (2019). Model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM pada pembelajaran Fisika. Fkip E-Proceeding, 4(1), 1–4.

Gangga, A. (2013). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning Dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar. Artikel. Universitas Negeri Padang.

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102, 101586.

Hajrah, S. B. B., & Rahayu, W. P. (2016). Effect of entrepreneurial education and economic condition of parents towards an entrepreneurship attitudes through the entrepreneurship interest. Journal of Businees and Management, 18, 106.

Hapsari, T. P. (2018). Peran lingkungan kampus dalam memoderasi pengaruh mata kuliah Kewirausahaan terhadap minat wirausaha. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 197–214.

Hasanah, A., Juandi, D., & Kustiawan, C. (2021). Respon mahasiswa terhadap perkuliahan berbasis projek dalam upaya penguatan program kewirausahaan. PRISMA, 10(2), 274–286.

Helle, L., Tynjälä, P., Olkinuora, E., & Lonka, K. (2007). ‘Ain’t nothin’ like the real thing’. Motivation and study processes on a work-based project course in information systems design. British Journal of Educational Psychology, 77(2), 397–411.

Hermina, U. N., Novieyana, S., & Zain, D. (2013). Pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa menjadi wirausaha pada program studi administrasi bisnis Politeknik Negeri Pontianak.

Jauhariyyah, F. R., Suwono, H., & Ibrohim, I. (2017). Science, technology, engineering and mathematics project based learning (STEM-PjBL) pada pembelajaran sains. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2).

Kasih, Y. (2013). Mewujudkan pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi melalui proses pembelajaran yang berkelanjutan. In Forum Bisnis dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP, 2, 164–182. STIE MDP.

Krajcik, J. S., & Shin, N. (2014). Project-Based Learning. Dalam S. Keith (Ed). The Cambridge handbook of the learning science (hlm. 275-297). Cambridge University Press.

Kulkarni, P., & Ramdasi, D. (2022). Project-Based Learning technique for holistic development of students. Journal of Engineering Education Transformations, 36(Special Issue 1).

Liu, X., & Zhao, Y. (2021). Research on the application strategy of project-based learning teaching mode in practical teaching of product design. In 2020 International Conference on Modern Education Management, Innovation and Entrepreneurship and Social Science (MEMIESS 2020) (pp. 7–12). Atlantis Press.

Lv, Y., Chen, Y., Sha, Y., Huang, Y., & Huang, L. (2021). How entrepreneurship education at universities influences entrepreneurial intention: Mediating effect based on entrepreneurial competence. Frontiers in Psychology, 12, 655868.

Muhamad, S. F. (2024, 30 Maret). BPJPH luncurkan Indonesia Global Halal Fashion. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/4035456/bpjph-luncurkan-indonesia-global-halal-fashion

Noor, A. F. (2024, 27 Maret). Dukung pengembangan kain halal, BPJPH dan industri tekstil perkuat sinergi. Republika. https://sharia.republika.co.id/berita/saztxi490/dukung-pengembangan-kain-halal-bpjph-dan-industri-tekstil-perkuat-sinergi

Nurhayati, D., Machmud, A., & Waspada, I. (2020). Technopreneurship intention: studi kasus pada mahasiswa dipengaruhi entrepreneurial learning. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 79–92.

Pinto, A. P., & Reshma, K. J. (2021). Impact of Project-Based Learning on entrepreneurial and social skills development. Journal of Engineering Education Transformations, 34, 593–598.

Prihandono, D., Wijayanto, A., Yohana, C., Semarang, U. N., & Jakarta, N. (2020). Embedding entrepreneurial competence in higher education institutes: An entrepreneurship mind-set value. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(5), 1146–1161.

Purwanti, E. Y., & Mukminin, A. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis business plan untuk menanamkan nilai produk kreatif dan kewirausahaan pada peserta didik di SMK. Lisyabab, 2(1), 79–90.

Rahayu, R. D., & Ningtyas, R. D. (2021). Halal e-commerce in the muslim fashion sector as an effort to encourage the development of halal industry in Indonesia. Journal of Halal Product and Research (JPHR), 4(2), 71–77.

Rahmadani, R., Suwatno, A. M., & Machmud, A. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship education) di perguruan tinggi negeri kota Bandung. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1), 47–53.

Ralph, R. A. (2016). Post secondary project-based learning in science, technology, engineering and mathematics. Journal of Technology and Science Education, 6(1), 26–35.

Ramadhani, N. T., & Nurnida, I. (2017). Pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Ecodemica, 1(1), 89–97.

Resmawati, R., & Hanifa, F. H. (2018). Analisis Perbandingan volume penjualan sebelum dan sesudah mendapatkan sertifikasi halal. EProceedings of Applied Science, 4(2).

Sujana, D., Sadikin, S., & Ariyani, E. D. (2021). Analisa model pembelajaran project based learning sebagai solusi program pengembangan kewirausahaan dan inkubator bisnis teknologi pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 1180–1200.

Sumarno, S., Gimin, G., Haryana, G., & Saryono, S. (2018). Desain pendidikan kewirausahaan mahasiswa berbasis technopreneurship. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 171–186.

Suparno, O., Hermawan, A., & Syuaib, M. F. (2008). Technopreneurship. Recognition and Mentoring Program-Institut Pertanian Bogor (RAMP-IPB).

Toding, M., & Venesaar, U. (2018). Discovering and developing conceptual understanding of teaching and learning in entrepreneurship lecturers. Education + Training, 60(7/8), 696–718. https://doi.org/10.1108/ET-07-2017-0101

Wahyu, R. (2017). Implementasi model Project Based Learning (PjBL) ditinjau dari penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Tecnoscienza, 1(1), 49–62.

Wati, E. S. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis Project Based Learning pada materi animalia terintegrasi karakter kewirausahaan dan keterampilan proses sains. In Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1).

Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Bumi Aksara.

White, R. J., & Moore, K. (2016). Application of Competency-Based Learning to entrepreneurship education: Integrating curricular and cocurricular elements to enhance discipline mastery. In Integrating Curricular and Co-Curricular Endeavors to Enhance Student Outcomes. Emerald Group Publishing Limited.

Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam menanamkan karakter kewirausahaan, keterampilan proses sains, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2).

Downloads

Published

2025-07-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Hidayah, F. N., & Sari, A. D. (2025). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP INTEGRASI KURIKULUM BISNIS TEKSTIL HALAL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 17(2). https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i2.985