MEMBANGUN TIM UNGGUL: STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Ihwan Fauzi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Samrin Insititut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i2.909

Keywords:

kepemimpinan kepala sekolah, Program Sekolah Penggerak, sumber daya manusia berkualitas, lingkungan belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam konteks pelaksanaan program peningkatan mutu sekolah melalui Program Sekolah Penggerak di Indonesia. Kepemimpinan kepala sekolah dianggap sebagai salah satu faktor kunci dalam kesuksesan pelaksanaan program ini. Riset ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus berdasarkan purposive sampling pada SD X Gresik untuk menganalisis data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan beberapa permasalahan yang dihadapi satuan pendidikan. Pertama, kendala sumber daya manusia seperti kurangnya guru berkualitas. Kedua, tantangan dalam memperoleh dukungan aktif dari internal dan eksternal sekolah dalam mengimplementasikan program Sekolah Penggerak. Adapun strategi kepala sekolah untuk mengatasi kendala sumber daya yakni dengan memberikan pelatihan dan bimbingan teknis serta melaksanakan fungsi supervisi. Sedangkan dalam membangun hubungan yang baik dengan internal dan eksternal, kepala sekolah selalu menekankan kultur interaksi yang bersifat kekeluargaan dan mengayomi. Dapat disimpulkan bahwa program Sekolah Penggerak akan berjalan dengan baik melalui dukungan kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi guru serta perbaikan kualitas lingkungan belajar yang aman, inklusif, mendukung, dan memotivasi seluruh warga sekolah untuk berkembang secara akademik, sosial, dan emosional.

References

Arsal. (2018). Hierarki perilaku organisasi melalui distorsi komunikasi kepemimpinan. Dalam Prosiding Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Asyiyah (APPPTMA), 1–10.

Ariyani, R. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru. Jurnal Al-Afkar, 5(1), 108–128.

Aulia, R. I. (2021). Pengaruh manajemen strategi pendidikan dalam meningkatkan mutu dan daya saing. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1578–1586. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.626

Baharun, H., Hefniy, H., Silviani, S., Maarif, M. A., & Wibowo, A. (2021). Knowledge sharing management: Strategy for improving the quality of human resources. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 129–139. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1831

Bahri, S., Fitrah, H., Wahyudin, S., & Juhaidi, A. (2022). New model of student development strategy to strengthening educational quality: An causal perspective from indonesia islamic educational institutions approach. Journal of Positive School Psychology, 6(6), 1417–1426. https://www. journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/7304

Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2017). Peran LPTK dalam pengembangan kompetensi pedagogik calon guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(2), 98-106. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2. p98-106

Endarto, Egar, N., & Nurkolis. (2023). Pengaruh peran kepala sekolah sebagai motivator, motivasi kerja guru, dan magang guru terhadap kompetensi profesional guru produktif sekolah menengah kejuruan negeri di Kabupaten Grobogan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2179 - 2188. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.906

Fatonah, U. (2022). Program pendampingan sekolah penggerak sebagai salah satu upaya implementasi pembelajaran paradigma baru. EDUKHA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 111–117. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7226

Faturahman, B. (2018). Kepemimpinan dalam budaya organisasi. Madani Jurnal Politik dan Sosial

Kemasyarakatan, 10(1), 1-11. https://doi.org/10.52166/madani.v10i1.186

Fauzi, I. (2021). Analysis of PTKIN opportunities: Quality measurement through the Malcolm Baldrige criteria for using the world class universty. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1367

Febrianto, S. E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan dan kerjasama tim: Kepemimpinan, komunikasi efektif, pendekatan kepemimpinan tim, dan efektivitas tim (Suatu kajian studi literature review ilmu manajemen terapan). JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 598–609. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.522

Hamzah, R. A. (2022). Pendampingan penguatan komite pembelajaran 3 “merancang dan memandu refleksi” program sekolah penggerak di Kabupaten Soppeng. Madani: Indonesian Journal Of Civil Society, 4(2), 95–102. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.1327 Imron, A. (1995). Pembinaan guru di Indonesia. Dunia Pustaka Jaya.

Julaiha, S. (2019). Konsep kepemimpinan kepala sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734 Kotter, J. P. (1996). Leading Change. Harvard Bussiness Press.

Mariana, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10228–10233.

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2606

Mulyasa, E. (2016). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya.

Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan tantangan kepala sekolah PAUD dalam mengembangkan lembaga dan memotivasi guru untuk mengikuti program sekolah penggerak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254. https://doi. org/10.31004/obsesi.v6i5.2624

Muzaki, H. (2020). Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja (Studi pada kantor Desa Adimulya Kecamatan Wanareja). AmaNU: Jurnal Manajemen dan Ekonomi, 3(1), 20–32.

Ng, A. Y.-M. (2017). School leadership preparation in Malaysia: Aims, content and impact.

Educational Management Administration & Leadership, 45(6), 1002-1019. https://doi. org/10.1177/1741143216662922

Novelti, Haetami, A., Hamsiah, A., Lasino, Hayati, N., & Pratiwi, E. Y. R. (2023). Pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar. SABAJAYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 173–179. https://doi.org/10.59561/sabajaya.v1i3.65

Nurdin, A. (2021). Konsepsi manajemen pendidikan karakter dalam Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 94–116. https://doi.org/10.36671/ andragogi.v3i01.155

Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan profesi guru (PPG): Strategi pengembangan profesionalitas guru dan peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Dalam Makalah Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, No. 1, pp. 671-683).

Prasetyono, H., Vhalery, R., & Ramdayana, I. P., Salmin, S., & Anggraini, W. P. (2022). Meningkatkan innovative work behaviour guru di sekolah penggerak melalui work engagement dan servant leadership. Research and Development Journal of Education, 8(2), 791–800. http://dx.doi. org/10.30998/rdje.v8i2.14180

Pratiwi, S. N. (2020). Manajemen strategi sumber daya manusia pendidikan di era 4.0. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(1), 109–114. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4403

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: Konsep dan prosedurnya. Disampaikan pada mata kuliah Metode Penelitian, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Januari 2017. (Unpublished). http://repository.uin-malang.ac.id/1104/ Rahman, A., & Subiyantoro, S. (2021). The leardership role of school principals in online learning during the Covid-19 pandemic. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 165–175. https:// doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1805

Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022a). Program sekolah penggerak sebagai inovasi meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195-206. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637

Ritonga, R., Hamid, A., Harahap, A. M., & Harahap, R. (2022b). Penguatan kompetensi sosial-emosional bagi kepala sekolah penggerak melalui kegiatan lokakarya. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 309–315. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7876

Rasidi, R., & Mashitoh, R. F. (2022). Analisis indeks kebahagiaan kepala sekolah dan guru dalam kegiatan bimbingan teknis program sekolah penggerak. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 5(2), 144163. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v5i2.125.

Sudarmanto. (2021). Pengaruh komunikasi kepala sekolah terhadap keterlaksanaan kepemimpinan sekolah pada program sekolah penggerak. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(4), 462–472.

Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Iswoyo, S., Hartini, Y., Primadonna, M., Mahardhika, R. L. (2021). Panduan pembelajaran dan asesmen jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Downloads

Published

2025-07-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Fauzi, I., & Samrin. (2025). MEMBANGUN TIM UNGGUL: STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 17(2). https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i2.909