MEMBANGUN TIM UNGGUL: STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.24832/jpkp.v17i2.909Keywords:
kepemimpinan kepala sekolah, Program Sekolah Penggerak, sumber daya manusia berkualitas, lingkungan belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam konteks pelaksanaan program peningkatan mutu sekolah melalui Program Sekolah Penggerak di Indonesia. Kepemimpinan kepala sekolah dianggap sebagai salah satu faktor kunci dalam kesuksesan pelaksanaan program ini. Riset ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus berdasarkan purposive sampling pada SD X Gresik untuk menganalisis data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan beberapa permasalahan yang dihadapi satuan pendidikan. Pertama, kendala sumber daya manusia seperti kurangnya guru berkualitas. Kedua, tantangan dalam memperoleh dukungan aktif dari internal dan eksternal sekolah dalam mengimplementasikan program Sekolah Penggerak. Adapun strategi kepala sekolah untuk mengatasi kendala sumber daya yakni dengan memberikan pelatihan dan bimbingan teknis serta melaksanakan fungsi supervisi. Sedangkan dalam membangun hubungan yang baik dengan internal dan eksternal, kepala sekolah selalu menekankan kultur interaksi yang bersifat kekeluargaan dan mengayomi. Dapat disimpulkan bahwa program Sekolah Penggerak akan berjalan dengan baik melalui dukungan kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi guru serta perbaikan kualitas lingkungan belajar yang aman, inklusif, mendukung, dan memotivasi seluruh warga sekolah untuk berkembang secara akademik, sosial, dan emosional.
References
Arsal. (2018). Hierarki perilaku organisasi melalui distorsi komunikasi kepemimpinan. Dalam Prosiding Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Asyiyah (APPPTMA), 1–10.
Ariyani, R. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru. Jurnal Al-Afkar, 5(1), 108–128.
Aulia, R. I. (2021). Pengaruh manajemen strategi pendidikan dalam meningkatkan mutu dan daya saing. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1578–1586. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.626
Baharun, H., Hefniy, H., Silviani, S., Maarif, M. A., & Wibowo, A. (2021). Knowledge sharing management: Strategy for improving the quality of human resources. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 129–139. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1831
Bahri, S., Fitrah, H., Wahyudin, S., & Juhaidi, A. (2022). New model of student development strategy to strengthening educational quality: An causal perspective from indonesia islamic educational institutions approach. Journal of Positive School Psychology, 6(6), 1417–1426. https://www. journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/7304
Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2017). Peran LPTK dalam pengembangan kompetensi pedagogik calon guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(2), 98-106. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2. p98-106
Endarto, Egar, N., & Nurkolis. (2023). Pengaruh peran kepala sekolah sebagai motivator, motivasi kerja guru, dan magang guru terhadap kompetensi profesional guru produktif sekolah menengah kejuruan negeri di Kabupaten Grobogan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2179 - 2188. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.906
Fatonah, U. (2022). Program pendampingan sekolah penggerak sebagai salah satu upaya implementasi pembelajaran paradigma baru. EDUKHA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 111–117. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7226
Faturahman, B. (2018). Kepemimpinan dalam budaya organisasi. Madani Jurnal Politik dan Sosial
Kemasyarakatan, 10(1), 1-11. https://doi.org/10.52166/madani.v10i1.186
Fauzi, I. (2021). Analysis of PTKIN opportunities: Quality measurement through the Malcolm Baldrige criteria for using the world class universty. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1367
Febrianto, S. E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan dan kerjasama tim: Kepemimpinan, komunikasi efektif, pendekatan kepemimpinan tim, dan efektivitas tim (Suatu kajian studi literature review ilmu manajemen terapan). JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 598–609. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.522
Hamzah, R. A. (2022). Pendampingan penguatan komite pembelajaran 3 “merancang dan memandu refleksi” program sekolah penggerak di Kabupaten Soppeng. Madani: Indonesian Journal Of Civil Society, 4(2), 95–102. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.1327 Imron, A. (1995). Pembinaan guru di Indonesia. Dunia Pustaka Jaya.
Julaiha, S. (2019). Konsep kepemimpinan kepala sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734 Kotter, J. P. (1996). Leading Change. Harvard Bussiness Press.
Mariana, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10228–10233.
https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2606
Mulyasa, E. (2016). Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya.
Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan tantangan kepala sekolah PAUD dalam mengembangkan lembaga dan memotivasi guru untuk mengikuti program sekolah penggerak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254. https://doi. org/10.31004/obsesi.v6i5.2624
Muzaki, H. (2020). Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja (Studi pada kantor Desa Adimulya Kecamatan Wanareja). AmaNU: Jurnal Manajemen dan Ekonomi, 3(1), 20–32.
Ng, A. Y.-M. (2017). School leadership preparation in Malaysia: Aims, content and impact.
Educational Management Administration & Leadership, 45(6), 1002-1019. https://doi. org/10.1177/1741143216662922
Novelti, Haetami, A., Hamsiah, A., Lasino, Hayati, N., & Pratiwi, E. Y. R. (2023). Pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar. SABAJAYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 173–179. https://doi.org/10.59561/sabajaya.v1i3.65
Nurdin, A. (2021). Konsepsi manajemen pendidikan karakter dalam Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 94–116. https://doi.org/10.36671/ andragogi.v3i01.155
Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan profesi guru (PPG): Strategi pengembangan profesionalitas guru dan peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Dalam Makalah Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, No. 1, pp. 671-683).
Prasetyono, H., Vhalery, R., & Ramdayana, I. P., Salmin, S., & Anggraini, W. P. (2022). Meningkatkan innovative work behaviour guru di sekolah penggerak melalui work engagement dan servant leadership. Research and Development Journal of Education, 8(2), 791–800. http://dx.doi. org/10.30998/rdje.v8i2.14180
Pratiwi, S. N. (2020). Manajemen strategi sumber daya manusia pendidikan di era 4.0. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(1), 109–114. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4403
Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: Konsep dan prosedurnya. Disampaikan pada mata kuliah Metode Penelitian, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Januari 2017. (Unpublished). http://repository.uin-malang.ac.id/1104/ Rahman, A., & Subiyantoro, S. (2021). The leardership role of school principals in online learning during the Covid-19 pandemic. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 165–175. https:// doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1805
Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022a). Program sekolah penggerak sebagai inovasi meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195-206. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637
Ritonga, R., Hamid, A., Harahap, A. M., & Harahap, R. (2022b). Penguatan kompetensi sosial-emosional bagi kepala sekolah penggerak melalui kegiatan lokakarya. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 309–315. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7876
Rasidi, R., & Mashitoh, R. F. (2022). Analisis indeks kebahagiaan kepala sekolah dan guru dalam kegiatan bimbingan teknis program sekolah penggerak. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 5(2), 144163. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v5i2.125.
Sudarmanto. (2021). Pengaruh komunikasi kepala sekolah terhadap keterlaksanaan kepemimpinan sekolah pada program sekolah penggerak. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(4), 462–472.
Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Iswoyo, S., Hartini, Y., Primadonna, M., Mahardhika, R. L. (2021). Panduan pembelajaran dan asesmen jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
All articles submitted by the author and published in the Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan are fully copyrighted by the publication of Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) by technically filling out the copyright transfer agreement and sending it to the publisher
Note :
The author can include in separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich versions of journal publications (for example: posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example: in an institutional repository or on their website) before and during the submission process because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful citations of published works. (See Open Access Effects).















