EDITORIAL DAN DAFTAR ISI, JURNAL LITJAK, VOL. 13, NO. 2 TAHUN 2020
Abstract
Pada tahun ini, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia, Nomor 85/M/KPT/2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I tahun 2020, Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan (JPKP) telah ditetapkan sebagai Jurnal Terakreditasi Peringkat 5. Capaian tersebut menjadi pendorong bagi peningkatan kualitas JPKP pada terbitan-terbitan selanjutnya melalui peningkatan mutu artikel dan penampilan jurnal dari segi desain dan lay out.
Sebagaimana terbitan terdahulu, JPKP Volume 12 nomor2 tahun 2020 ini menampilkan topik-topik yang bervariasi, mulai dari kebijakan sekolah, peningkatan mutu pembelajaran, pendanaan pendidikan, sampai budaya literasi. Dwirtya Sobat Ady Dharma membahas tentang kebijakan strategis di sekolah dalam pengurangan risiko bencana (PRB) pada masa pandemi tanpa mengurangi strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan juga mampu memfasilitasi warga sekolah untuk menjalankan fungsinya dengan optimal. Selanjutnya, Mariani dkk, menyoroti tentang sikap dan perilaku disiplin siswa SMK dalam menggunakan alat pelindung diri dalam rangka penerapan keselamatan dan kesehatan kerja ketika melakukan praktik di bengkel/laboratorium/dapur.
Selain itu, Bambang Suwardi Joko menulis tentang upaya-upaya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP dalam mengoptimalkan profesionalisme guru di tengah kendala dan keterbatasan. Sementara Zainul Mustofa menyampaikan penguasaan siswa SMK bidang Teknik Komputer dan Jaringan untuk topik Pengukuran dengan menggunakan media zipgrade.
Meiynana dan Sari Viciawati Machdum, menyoroti keberhasilan penerapan PIP dengan dukungan empat aspek yang saling terkait yaitu komunikasi yang baik, koordinasi antar unsur yang terlibat, sumber daya yang memadai, dan birokrasi yang menjalankan peran dan fungsinya secara baik. Kemudian, M. Zaenul Muttaqin membahas bagaimana Komunitas Lontar menjalankan strategi penyebaran literasi dengan memanfaatkan ruang publik untuk melapak buku, diskusi ilmiah dan penulisan di dalam ruang kelas, serta memanfaatkan media sosial untuk kampanye literasi di dua kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Semua artikel tersebut diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan daya kritis para pembaca terhadap kebijakan pendidikan. Akhir kata, Dewan Redaksi Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan mengucapkan selamat membaca dan semoga mendapatkan manfaat dari artikel-artikel yang disajikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
All articles submitted by the author and published in the Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan are fully copyrighted by the publication of Jurnal Penelitaian Kebijakan Pendidikan under Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) by technically filling out the copyright transfer agreement and sending it to the publisher
Note :
The author can include in separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich versions of journal publications (for example: posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example: in an institutional repository or on their website) before and during the submission process because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful citations of published works. (See Open Access Effects).















